Jumat, 23 April 2010

Pelatihan Perawatan Jenazah

Posted by urais_kulonprogo On 08.44 | 3 comments


PELATIHAN PERAWATAN JENAZAH DI MASJID AL FURQON LENDAH


ISLAM sangat menghormati orang yang meninggal dunia. Agama Islam mengajarkan kepada pemeluknya untuk merawat jenazahsebaik mungkin. Dari segi sosial ajaran ini menunjukkan rasa gotong royong yang cukup tinggi. Duka yang sedang menyelimuti keluarga si mayat sedapat mungkin dikurangi, dengan jalan meringankan beban, seperti merawat jenazah, ucapan rasa belangsungkawa, menghibur, memberikan do’a dan lain-lain.

Bahkan agama Islam menganjurkan agar memperhatikan saudaranya yang sedang sakit, apalagi sakit keras. Perhatian yang diberikan kepada orang sakit boleh jadi akan menjadi obat bagi penderita sakit………

Pelatihan perawatan jenazah ini sangat penting untuk memberikan pemahaman bagi masyarakat. Pelatihan ini tidak sekedar menangani orang yang sudah meninggal namun juga memberikan pendidikan bagi masyarakat agar menghormati orang yang sudah meninggal.



3 komentar:

  1. sesama muslim yang berlawan jenis adalah wajib menutup aurotnya, meskipun sudah meninggal dunia. dalam hal perawatan jenazah perlu dikembangkan kepada warga untuk merawat jenazah (memandikan) yang satu jenis kecuali yang mahrom. di samping itu perlu disampaikan pula memandikan jenazah adalah tanggung jawab keluarga. kalau orang tuanya atau kakeknya meninggal dunia keluarganya / anaknya sendiri seharusnya dapat memandikannya, sebagai bentuk berbakti kepada orang tua.
    Aurot yang dimaksud bukan hanya anggota badan yang tidak boleh dilihatkan, tetapi bila orang lain yang memandikan terkadang membicarakan cacatnya anggota tubuh jenazah kepada orang lain. padahal itu kan tidak boleh.
    Promosi nih !!!
    bagi yang ingin membaca hasil bahtsul masail NU KP tentang Tata Cara Merawat Jenazah komplit bisa didapat ketika menghadiri Acara :

    Majlis Dzikir, Maulid & Taklim "Syamsul Hidayah" Setiap Ahad Kliwon. Acara dimulai 05.30 s/d 08.00 WIB. di Pondok Pesantren Al Hidayah & Panti Asuhan Al Hidayah, Karangwuluh, Temon, Kulon Progo, Telp. 0274-7156058,(KH.Rofi'uddin MLH,S.Ag = 081392667968),(Latif Fuad NH,S.Ag = 085228101412)
    Acara untuk umum, mohon kehadirannya bagi kaum muslimin muslimat.
    Doa Dzikir Rotib Syamsi Syumus = dapat memohon didoakan untuk hajatnya dengan mengisi form isian permohonan doa.

    BalasHapus
  2. Urais KP hendaknya membuat manusia bantal dalam pelatihan perawatan tidak menggunakan manusia hidup, kasihan yang dijadikan alat praktek.
    kalu ada kan dapat dipinjam-pinjamkan ke KUA/desa-desa yang menyelenggarakan pelatihan perawatan jenazah. oke....

    BalasHapus
  3. terima kasih atas tanggapan, masukan dan dukungannya, kami memang baru berbenah untuk peningkatan dan kemajuan Urais di masa-masa yang akan datang...

    BalasHapus

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA